PROPOSAL USAHA
“KERUPUK WORTEL”
Disusun Oleh :
FINURIKA (43114110177)
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA 2015
LEMBAR PENGESAHAN
Judul
: “KERUPUK WORTEL”
Fakultas : EKONOMI DAN BISNIS – S1 MANAJEMEN
Proposal ini
telah diterima dan disahkan pada :
Hari
: Minggu
Tanggal
: 20 Desember 2015
Oleh :
Edy Gunawan, S.E.,M.M
Dosen Kewirausahaan 1
KATA PENGANTAR
Segala puji
dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian
banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenaNya kami
dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses
penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil
dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup
baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan
penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu
terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Jakarta, 12 Desember 2015
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL i
LEMBAR
PENGESAHAN ii
KATA
PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang 1 1.2 Manfaat Pembuatan Proposal 2
1.3 Tujuan 2
BAB II KEGIATAN
USAHA
2.1 Aspek
Produksi 3
2.2 Aspek
Pemasaran 4
BAB III PERENCANA
KEUANGAN
3.1 Biaya Produksi 6
3.2 Aspek Keuangan 7
BAB IV PENUTUP
4.1
Harapan 8
4.2
Kesimpulan 8
4.3
Saran 8
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Seiring dengan perkembangan
zaman,masyarakat sekarang mulai
berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu.Salah satunya dalam memilih dan membeli makanan.Zaman dulu masyarakat membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan
murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Dua hal inilah
yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.Mereka tidak begitu memikirkan
kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami akan merencanakan sebuah
peluang usaha dibidang makanan ringan yang kami beri nama “Kerupuk Wortel” rasanya yang enak, gurih dan nikmat. “Kerupuk
Wortel” ini akan memiliki beraneka ragam rasa, yaitu keju pedas, balado, sapi
panggang, rumpul laut, seafood saos tiram, dan tidak kalah menarik ada rasa
sate ayam juga “Kerupuk Wortel ini, terbuat dari tepung tapioca yang kaya akan
kabohidrat dan di gelumuti dengan bahan rempah dan tidak lupa menggunakan bahan
utamanya yaitu wortel.
Mengapa kami mengambil bahan
utamanya wortel ?
Karena wortel adalah sejenis
sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang berdominan serta memiliki
antioksidan tinggi baik untuk kesehatan tubuh dan kulit..Jadi, bagi konsumen atau katakanlah mahasiswa/I yang hobbi untuk mengemil pada
saat waktu istirahat, tetapi bosan dengan megomsumsi cemilan tidak sehat, untuk
itu gantikanlah cemilan sehari-hari dengan “kerupuk wortel yang sehat dan
bergizi. Tidak hanya untuk cemilan saja, tetapi dapat dijadikan makan
pendamping untuk mie goring, nasi goring ataupun bakso. Kami juga akan membuat
tagline iklan seperti “ KERUPUK WORTEL, CEMILAN SEHAT PILIHAN TEPAT” bermaksud
untuk mengajak konsumen mengubah pola hidup dengan mengonsumsi cemilan yang
baik tanpa mengkhawatirkan kesehatan.
1.2 MANFAAT
PEMBUATAN PROPOSAL
Proposal ini kami buat agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri untuk mengisi waktu
luang setelah sekolah, dapat juga bermanfaat untuk :
1.
Membantu mahasiswa/I sebagai calon wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji
strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).
2.
Membantu calon wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan di
jalankan.
3.
Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada
pihak lain.
4.
Membantu meningkatkan keberhasilan calonwirausaha.
5.
Meningkatkan motivasi kepada calon wirausaha.
1.3 TUJUAN
PENYUSUNAN PROPOSAL
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir
mata pelajaran kewirausahaan.
1.
Sebagai persyaratan untuk menambah nilai kami dalam mata
kuliah kewirausahaan.
2.
Mengembangkan inisiatif, inovatif dan
kreatif wirusaha sebagai
pemilik usaha dalam membuka usaha.
3.
Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat.
4.
Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.
5.
Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
6.
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
7.
Melakukan kerjasama dalam membangun bisnis yang akan dijalankan.
8.
Dampaknya akan membuka lapangan kerja baru.
BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1ASPEK
PRODUKSI
Proses Produksi
Bahan :
1.
Wortel
2.
Tepung terigu
3.
Tepung tapioka
4.
Garam
5.
Gula
6.
Bawangputih
7.
Ketumbar
8.
Bawangmerah
9.
Penyedap rasa
10.
Air
11.
MinyakGoreng
Alat :
1.
Pisau
2.
Panci
3.
Wajan
4.
Mangkuk/Baskom
5.
Blender/alat tumbuk
6.
Kompor
7.
Plastik
Cara
Membuatnya :
a.
Kupas wortel dari kulitnya dan cuci bersih.
b.
Rebus wortel hingga lembek dan tiriskan.
c.
Tumbuklah wortel yang telah direbus atau bisa juga memblendernya hingga menjadi
seperti bubur.
d.
Campur tepung terigu dan bumbu-bumbu kedalam bubur wortel tadi aduk hingga
rata dan tercampur dengan sempurna.
e.
Kukus adonan tadi kurang lebih
selama 1 jam, setelah dikukus dan dirasa telah matang angkat adonan dan dinginkan
kurang lebih 24 jam agar adonan mengeras.
f.
Potong adonan dengan ketebalan 1-2 mili agar tidak terlalu keras dan mengembang
dengan sempurna saat digoreng.
g.
Jemur adonan yang telah kita potong tadi dibawah sinar matahari sampai benar-benar
kering.Lalu goreng dan taburkan bumbu sajian seperti
kejupedas, balado, rumpu tlaut, sate ayam dan seafood saustiram.
h.
Lalu kemas dan siap dipasarkan .
Tenaga Produksi
1)
Agen
Agar usaha
ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan agen lainnya, sehingga bahan-bahan dari kerupuk wortel ini mudah didapatkan.Agen yang kami maksud merupakan pelakuusaha yang kami butuhkan seperti menjualbahanmentahtepungterigudanbumburempah-rempahuntukmembuatcemilanini.
2)
Tenaga Kerja
Dalam bisnis
jualan kerupukwortel ini kami tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan
skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang
yang mau bekerja secara tekun/telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi
karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
3) Masyarakat Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja
selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kami juga harus memiliki hubungan baik
dengan masyarakat setempat, karena apabila kami tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kami ini tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal
yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kami sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan
jujur terhadap siapa saja.
2.2 ASPEK PEMASARAN
Proses pemasaran usaha “KerupukWortel” ini dapat dilakukan dengan cara :
Target Pasar
a.
Membuka tempat usaha di rumah.
b.
Di tempatumum yang sudahmendapatkanizin, seperti
terminal, pasartradisional, dll.
c.
Menggunakan
media sosialatau internet sebagaiwadahmemasarkannya.
d.
Di
kampustercintaUniversitasMercubuanaKampusMenteng Jakarta.
e.
Di
kantoratauperusahaantempat kami bekerja.
f.
Bekerjasamadenganwarung/tokountukdijualdanbagihasilbersama.
PenetapanHarga
VARIANT RASA
|
HARGA
|
KERUPUK
WORTEL KEJU PEDAS
|
Rp. 10.000,-
|
KERUPUK
WORTEL BARBEQUE
|
Rp. 10.000,-
|
KERUPUK
WORTEL RUMPUT LAUT
|
Rp. 10.000,-
|
KERUPUK
WORTEL SEAFOOD SAUS TIRAM
|
Rp. 10.000,-
|
KERUPUK
WORTEL SATE AYAM
|
Rp. 10.000,-
|
KERUPUK
WORTEL BALADO
|
Rp. 10.000,-
|
Sistem Distribusi
a) Dari Mulut ke Mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukanbanyak
biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kami. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai,
maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli “KerupukWortel”
usaha kami.
b) Dengan Media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan
dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter,
blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah
menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.
Kegiatan Promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli “KerupukWortel”, kami mempunyai cara-cara tertentu. Adapun cara-cara
tersebut yaitu:
a. Setiap pada
tanggal 28 pada Akhir Bulanberlangsung hanya satu hari, kami akan memberikan promosi
“BUY 5 GET 1” dengan syarat pembelanjaan snack “Kerupuk Wortel” minimal 50.000,-
*berlaku kelipatan
b. Setiap Tiga bulan
sekali kami akan mengadak program “Selfie with Snack Carrot”, dimana foto yang
kami pilih akan mendapat paketdari all variant “Kerupuk Wortel”, gratis,
syaratnya follow medsos kami yang akan kami buat akunnya dan upload foto beserta
caption yg menarik.
Segmentasi Pasar
“Kerupuk Wortel” ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat
umum. Siapapun bisa mengkonsumsinya baik
masyarakat yang sudah berumur tua maupun masyarakat yang berumur muda dan
anak-anak. Karena teksturnya renyah, gurih dan bergizi, dapat dinikmati sebagai cemilan
atau makanan pendamping seperti mie goreng, bakso atau pun nasi goreng.
Persaingan
Kemungkinan kami nanti akan menghadapi
beberapa pesaing, seperti penjual cemilan yang bisa dikatakan jumlahnya ratusan
cemilan yang dijualnya tetapi kami akan selalu menyusun strategi untuk memperkenalkan
masyarakat untuk cemilan yang sehat dan bergizi. Jadi konsumen tidak perlu khawatir
mengkonsumsi kerupuk wortel tanpa mengkhawatirkan kesehatan
BAB III
PERENCANA KEUANGAN
Bagian keuangan dan pemasaran akan dikelola dengan kerjasama yang
baik dan memiliki tugas masing-masing dalam berbagai aspek.
3.1
BIAYA PRODUKSI
BiayaTetap (Fixed Cost)
ü
Peralatan memasak Rp 250.000,-
ü Alat perekat
kemasan Rp. 100.000,-
ü
Kompor Gas 1 unit
Rp 150.000,-Total Rp 500.000,-
Biaya
Variabel (Variable Cost)sehari
¶ Wortel Rp.
60.000,-
¶
TepungTerigu Rp. 35.000,-
¶
Tepung Tapioka Rp. 35.000,-
¶
Minyak Goreng Rp. 50.000,-
¶ Garam Rp.
10.000,-
¶
Gula Rp. 20.000,-
¶ BawangPutih Rp. 30.000,-
¶ Ketumbar Rp.
10.000,-
¶
BawangMerah Rp. 30.000,-
¶
Penyedap Rasa Rp. 10.000,-
¶
Bumbu taburan @6Variant Rp. 60.000,-
¶
Kemasan cemilan @100pc Rp. 50.000,-
Total Rp. 400.000,-
Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 500.000 +Rp 400.000
TC = Rp 900.000
Jadi modal awal yang akan kami keluarkan
sebesar Rp 680.000
3.2
ASPEK
KEUANGAN
1)
Pendapatan
Target penjualan kerupuk wortel per hari adalah 100pcs. Dan jika perbulan targetnya adalah 3000 pcs, berikut kalkulasinya :
Pendapatan Harian = Rp 10.000,- x 100 = Rp 1.000.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 10.000,- x 3000 = Rp 30.000.000,-
2) Biaya Operasional per-hari
Bahan baku
perhari = Rp 400.000,-
Transportasi
= Rp. 50.000,-
Total
= Rp 450.000,-
Biaya
Operasional per-bulan
Bahan baku
per-bulan
= Rp 14.000.000,-
Transportasi
= Rp. 600.000,-
Total
= Rp 14.600.000,-
Laba bersih
per-hari
= Rp 1.000.000 - Rp 450.000,-
= Rp 550.000,-
Laba bersih
per bulan = Rp. 30.000.000 – Rp. 14.600.000,-
= Rp. 15.400.000,-
Perencanaan
Risiko
Dalam usaha jualan kerupuk wortel memakai tepung yang berkualitas tinggi dan bahan-bahan yang berkualitas sehingga harga kerupuk wortel cukup kompetetif. Jika terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, untuk meminimalisir
pengeluaran, saya melakukan penggantian produk yang harganya tidak terlalu
mahal atau sedang. Namun, dalam kualitas rasa tetap samaagar tidak terjadi
penurunan konsumen
BABIV
PENUTUP
4.1
HARAPAN
Usaha yang akan kami rencanakan, kami harapkan
dapat menjadisalahsatuusahamakananringan yang sehatdanberkualitasyang
berpengaruhdenganomsetatau
keuntungan yang tinggisehinggadapatmembukabanyakcabang di Indonesia yang dapat membukalapanganpekerjaanuntuk orang lain. Selain itu, juga dapat menambah pengalaman dan ilmu
pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
4.2
KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu
mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha
yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis,
pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha,
sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha KerupukWortelini merupakan suatu usaha skala
kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi
pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan
perencanaan yang matang.
4.3
SARAN
1.
Dalam
mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan
tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2.
Dalam
berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3.
Seorang
wirausaha haruslah selalu kreatif dan inovatif serta selalu
mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4.
Semangat
wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5. Jangan mudah menyerah menghadapi
berbagai hambatan dan masalah.
terimakasih. sangat membantu
BalasHapusartikelnya membantu.
BalasHapusmampir juga di https://adi-kudajantan.blogspot.com/
izin copy
BalasHapusterima kasih, izin copy
BalasHapus680.000 darimana ya?
BalasHapus680.000 darimana ya?
BalasHapusSangat membantu
BalasHapus