INFORMASI BISA BASA BASI

Coretan, Daily Noted, Daily Post, Tugas dan Makalah. Enjoy For Reading, Blogger!

Senin, 09 Mei 2016

MAKALAH PROPOSAL USAHA "KERUPUK WORTEL"



PROPOSAL USAHA



“KERUPUK WORTEL”












Disusun Oleh :





FINURIKA (43114110177)   

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA 2015


LEMBAR PENGESAHAN



Judul               : “KERUPUK WORTEL
Fakultas          : EKONOMI DAN BISNIS – S1 MANAJEMEN


Proposal ini telah diterima dan disahkan pada :
Hari                 : Minggu
Tanggal           : 20 Desember 2015

Oleh :


Edy Gunawan, S.E.,M.M
Dosen Kewirausahaan 1



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenaNya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
                                                    
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.


            Jakarta, 12 Desember 2015

DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL                                                                                                                        i
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                                             ii
KATA PENGANTAR                                                                                                         iii 
DAFTAR ISI                                                                                                                         iv

BAB I             PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang                                                                                         1          1.2  Manfaat Pembuatan Proposal                                                                2
1.3  Tujuan                                                                                                      2

BAB II            KEGIATAN USAHA
2.1 Aspek Produksi                                                                                         3
2.2 Aspek Pemasaran                                                                                      4

BAB III          PERENCANA KEUANGAN
3.1 Biaya Produksi                                                                                          6
3.2 Aspek Keuangan                                                                                       7

BAB IV          PENUTUP
4.1    Harapan                                                                                                    8
4.2    Kesimpulan                                                                                              8
4.3    Saran                                                                                                        8




BAB 1
PENDAHULUAN





1.1  LATAR BELAKANG



            Seiring dengan perkembangan zaman,masyarakat sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu.Salah satunya dalam memilih dan membeli makanan.Zaman dulu masyarakat membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.



Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami akan merencanakan sebuah peluang usaha dibidang makanan ringan yang kami beri nama “Kerupuk Wortel” rasanya yang enak, gurih dan nikmat. “Kerupuk Wortel” ini akan memiliki beraneka ragam rasa, yaitu keju pedas, balado, sapi panggang, rumpul laut, seafood saos tiram, dan tidak kalah menarik ada rasa sate ayam juga “Kerupuk Wortel ini, terbuat dari tepung tapioca yang kaya akan kabohidrat dan di gelumuti dengan bahan rempah dan tidak lupa menggunakan bahan utamanya yaitu wortel.



Mengapa kami mengambil bahan utamanya wortel ?



Karena wortel adalah sejenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang berdominan serta memiliki antioksidan tinggi baik untuk kesehatan tubuh dan kulit..Jadi, bagi konsumen atau katakanlah mahasiswa/I yang hobbi untuk mengemil pada saat waktu istirahat, tetapi bosan dengan megomsumsi cemilan tidak sehat, untuk itu gantikanlah cemilan sehari-hari dengan “kerupuk wortel yang sehat dan bergizi. Tidak hanya untuk cemilan saja, tetapi dapat dijadikan makan pendamping untuk mie goring, nasi goring ataupun bakso. Kami juga akan membuat tagline iklan seperti “ KERUPUK WORTEL, CEMILAN SEHAT PILIHAN TEPAT” bermaksud untuk mengajak konsumen mengubah pola hidup dengan mengonsumsi cemilan yang baik tanpa mengkhawatirkan kesehatan.




1.2 MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL



Proposal ini kami buat agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri untuk mengisi waktu luang setelah sekolah, dapat juga bermanfaat untuk :

1.      Membantu mahasiswa/I sebagai calon wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).

2.      Membantu calon wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan di jalankan.

3.      Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada pihak lain.

4.      Membantu meningkatkan keberhasilan calonwirausaha.

5.      Meningkatkan motivasi kepada calon wirausaha.



1.3 TUJUAN PENYUSUNAN PROPOSAL Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir mata pelajaran kewirausahaan.

1.      Sebagai persyaratan untuk menambah nilai kami dalam mata kuliah kewirausahaan.

2.      Mengembangkan inisiatif, inovatif dan kreatif wirusaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha.

3.      Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat.

4.      Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.

5.      Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.

6.      Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.

7.      Melakukan kerjasama dalam membangun bisnis yang akan dijalankan.

8.      Dampaknya akan membuka lapangan kerja baru.



BAB II

KEGIATAN USAHA





2.1ASPEK PRODUKSI



Proses Produksi

Bahan :

1.         Wortel

2.         Tepung terigu

3.         Tepung tapioka

4.         Garam

5.         Gula

6.         Bawangputih

7.         Ketumbar

8.         Bawangmerah

9.         Penyedap rasa

10.     Air

11.     MinyakGoreng



Alat :

1.         Pisau

2.         Panci

3.         Wajan

4.         Mangkuk/Baskom

5.         Blender/alat tumbuk

6.         Kompor

7.         Plastik



Cara Membuatnya :

a.         Kupas wortel dari kulitnya dan cuci bersih.

b.         Rebus wortel hingga lembek dan tiriskan.

c.         Tumbuklah wortel yang telah direbus atau bisa juga memblendernya hingga menjadi seperti bubur.

d.         Campur tepung terigu dan bumbu-bumbu kedalam bubur wortel tadi aduk hingga rata dan tercampur dengan sempurna.

e.         Kukus adonan tadi kurang lebih selama 1 jam, setelah dikukus dan dirasa telah matang angkat adonan dan dinginkan kurang lebih 24 jam agar adonan mengeras.

f.          Potong adonan dengan ketebalan 1-2 mili agar tidak terlalu keras dan mengembang dengan sempurna saat digoreng.

g.         Jemur adonan yang telah kita potong tadi dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.Lalu goreng dan taburkan bumbu sajian seperti kejupedas, balado, rumpu tlaut, sate ayam dan seafood saustiram.

h.         Lalu kemas dan siap dipasarkan .





Tenaga Produksi

1)          Agen

Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan agen lainnya, sehingga bahan-bahan dari kerupuk wortel ini mudah didapatkan.Agen yang kami maksud merupakan pelakuusaha yang kami butuhkan seperti menjualbahanmentahtepungterigudanbumburempah-rempahuntukmembuatcemilanini.



2)          Tenaga Kerja

Dalam bisnis jualan kerupukwortel ini kami tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun/telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.

3)      Masyarakat Sekitar

Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kami juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kami tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kami ini tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kami sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.



2.2 ASPEK PEMASARAN



Proses pemasaran usaha “KerupukWortel” ini dapat dilakukan dengan cara :



Target Pasar

a.         Membuka tempat usaha di rumah.

b.         Di tempatumum yang sudahmendapatkanizin, seperti terminal, pasartradisional, dll.

c.         Menggunakan media sosialatau internet sebagaiwadahmemasarkannya.

d.         Di kampustercintaUniversitasMercubuanaKampusMenteng Jakarta.

e.         Di kantoratauperusahaantempat kami bekerja.

f.          Bekerjasamadenganwarung/tokountukdijualdanbagihasilbersama.


PenetapanHarga



VARIANT RASA
HARGA
KERUPUK WORTEL KEJU PEDAS
Rp. 10.000,-
KERUPUK WORTEL BARBEQUE
Rp. 10.000,-
KERUPUK WORTEL RUMPUT LAUT
Rp. 10.000,-
KERUPUK WORTEL SEAFOOD SAUS TIRAM
Rp. 10.000,-
KERUPUK WORTEL SATE AYAM
Rp. 10.000,-
KERUPUK WORTEL BALADO
Rp. 10.000,-



Sistem Distribusi

a)    Dari Mulut ke Mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukanbanyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kami. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli “KerupukWortel” usaha kami.



b)   Dengan Media Internet

Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.



Kegiatan Promosi

Untuk menarik minat konsumen agar membeli “KerupukWortel”, kami  mempunyai cara-cara tertentu. Adapun cara-cara tersebut yaitu:

a.     Setiap pada tanggal 28 pada Akhir Bulanberlangsung hanya satu hari, kami akan memberikan promosi “BUY 5 GET 1” dengan syarat pembelanjaan snack “Kerupuk Wortel” minimal 50.000,- *berlaku kelipatan

b.    Setiap Tiga bulan sekali kami akan mengadak program “Selfie with Snack Carrot”, dimana foto yang kami pilih akan mendapat paketdari all variant “Kerupuk Wortel”, gratis, syaratnya follow medsos kami yang akan kami buat akunnya dan upload foto beserta caption yg menarik.



Segmentasi Pasar

“Kerupuk Wortel” ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat umum. Siapapun bisa mengkonsumsinya baik masyarakat yang sudah berumur tua maupun masyarakat yang berumur muda dan anak-anak. Karena teksturnya renyah, gurih dan bergizi, dapat dinikmati sebagai cemilan atau makanan pendamping seperti mie goreng, bakso atau pun nasi goreng.



 Persaingan

Kemungkinan kami nanti akan menghadapi beberapa pesaing, seperti penjual cemilan yang bisa dikatakan jumlahnya ratusan cemilan yang dijualnya tetapi kami akan selalu menyusun strategi untuk memperkenalkan masyarakat untuk cemilan yang sehat dan bergizi. Jadi konsumen tidak perlu khawatir mengkonsumsi kerupuk wortel tanpa mengkhawatirkan kesehatan

BAB III

PERENCANA KEUANGAN





Bagian keuangan dan pemasaran akan dikelola dengan kerjasama yang baik dan memiliki tugas masing-masing dalam berbagai aspek.



3.1    BIAYA PRODUKSI

BiayaTetap (Fixed Cost)

ü  Peralatan memasak                                                     Rp    250.000,-

ü  Alat perekat kemasan                                                 Rp.   100.000,-

ü  Kompor Gas  1 unit                                                          Rp    150.000,-Total                                                                                 Rp   500.000,-



Biaya Variabel (Variable Cost)sehari

  Wortel                                                                          Rp.       60.000,-

  TepungTerigu                                                              Rp.        35.000,-

  Tepung Tapioka                                                           Rp.       35.000,-

  Minyak Goreng                                                                          Rp.       50.000,-

  Garam                                                                          Rp.       10.000,-

  Gula                                                                             Rp.       20.000,-

  BawangPutih                                                                Rp.       30.000,-

  Ketumbar                                                                     Rp.       10.000,-

  BawangMerah                                                              Rp.       30.000,-

  Penyedap Rasa                                                                         Rp.      10.000,-

  Bumbu taburan @6Variant                                          Rp.       60.000,-                      

  Kemasan cemilan @100pc                                          Rp.      50.000,-

Total                                                                                   Rp.     400.000,-



Total Biaya (Total Cost)

TC = TFC + TVC

TC = Rp 500.000 +Rp 400.000

TC = Rp 900.000





Jadi modal awal yang akan kami keluarkan sebesar Rp 680.000





3.2    ASPEK KEUANGAN



1)   Pendapatan

Target penjualan kerupuk wortel per hari adalah 100pcs. Dan jika perbulan targetnya adalah 3000 pcs, berikut kalkulasinya :

Pendapatan Harian      = Rp 10.000,-  x 100    = Rp   1.000.000,-

Pendapatan Bulanan   = Rp 10.000,-  x 3000  = Rp  30.000.000,-



2) Biaya Operasional per-hari

Bahan baku perhari                                  = Rp    400.000,-

Transportasi                                              = Rp.    50.000,-

Total                                                         = Rp   450.000,-

Biaya Operasional per-bulan

Bahan baku per-bulan                              = Rp     14.000.000,-

Transportasi                                             = Rp.         600.000,-

Total                                                        = Rp    14.600.000,-



Laba bersih per-hari                                = Rp 1.000.000 - Rp 450.000,-

                                                                      = Rp 550.000,-

Laba bersih per bulan                               =  Rp. 30.000.000 – Rp. 14.600.000,-

                                                                     = Rp. 15.400.000,-



Perencanaan Risiko

Dalam usaha jualan kerupuk wortel memakai tepung yang berkualitas tinggi dan bahan-bahan yang berkualitas sehingga harga kerupuk wortel cukup kompetetif. Jika terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, untuk meminimalisir pengeluaran, saya melakukan penggantian produk yang harganya tidak terlalu mahal atau sedang. Namun, dalam kualitas rasa tetap samaagar tidak terjadi penurunan konsumen




BABIV

PENUTUP




4.1    HARAPAN

Usaha yang akan kami rencanakan, kami harapkan dapat menjadisalahsatuusahamakananringan yang sehatdanberkualitasyang berpengaruhdenganomsetatau keuntungan yang tinggisehinggadapatmembukabanyakcabang di Indonesia yang dapat membukalapanganpekerjaanuntuk orang lain. Selain itu, juga dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.



4.2    KESIMPULAN

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha KerupukWortelini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.



4.3    SARAN

1.      Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.

2.      Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.

3.      Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inovatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.

4.      Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.

5.      Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.

7 komentar: