INFORMASI BISA BASA BASI

Coretan, Daily Noted, Daily Post, Tugas dan Makalah. Enjoy For Reading, Blogger!

Senin, 09 Mei 2016

PIVOT TABLE



PEMANFAATAN
PRIVOT TABLE
PADA MICROSOFT EXCEL 2010
                                   

                                                             
BAB 1
LATAR BELAKANG

Mengapa harus bekerja dengan Pivot Tables ?

Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah.Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Excell adalah Program aplikasi pengolah data Pivot Table ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel..

ringkasan dari beberapa data, diciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data tersebut. Tapi tidak seperti ringkasan yang dibuat secara manual dan harus mengetik satu per satu rumus Statistikanya , Excel PivotTables sangat interaktif. Setelah Anda membuat satu data, anda dapat dengan mudah mengubahnya. Dalam beberapa klik ringkasan dapat "berputar" - diputar sedemikian rupa sehingga judul kolom menjadi baris judul, dan sebaliknya.

POKOK POKOK PEMASALAHAN
A.   Pivot Table
B.    Cara untuk mengoperasikan Pivot Table pada Excell
C.    Manfat dan Fungsi Pivot Table

TUJUAN
Mengetahui Definisi Pivot Table dan Memahami langkah – langkah membuat Pivot Table, serta Menerapkan manfaat dari Pivot Table dalam pekerjaan sehari -  hari.

BAB II
PEMBAHASAN
Apa itu Pivot Table?  
Pivot Table merupakan spreadsheet database yang dapat diatur secara interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat membuat laporan yang interaktif dengan beberapa langkah termasuk mengurutkan data, menyaring data, membuat grand total serta kemudahan dalam mengatur field-field yang ditampilkan dalam ringkasan dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik

B.  Langkah-langkah membuat PivotTable :
1.       Jalankan Ms Excel seperti biasa hingga tampil lembaran kerja (workbook) Ms Excel
2.       Buat data penjualan.
3.      Klik tombol PivotTable dalam tab Insert group Tables dibagian sebelah kiri. Muncul kotak dialog Create PivotTable.
4.      Pada opsi Choose the data that you want to analyze kita dapat memilih sumber data yang akan digunakan dalam PivotTable.
·         Select a Table or range untuk mengunakan data dalam range table pada worksheet
·          Use an external data source menggunakan sumber database dari luar Excel.
·         sumber data yang di gunakan berasal dari range A2:G20, pilih Select a table / range
5.     Blok range sumber data yang akan kita buat PivotTablenya, hasil blok di tandai garis putus-putus.
6.     Pada opsi Choose Where you want the PivotTable report to be placed kita dapat memilih lokasi nya.
·         New Worksheet untuk menempatkan PivotTable dalam Work sheet baru.
·         Existing Worksheet untuk menempatkan PivotTable pada Worksheet yang sudah ada, dalam contoh ini menggunakan New Worksheet
7.     Klik tombol OK muncul tampilan area PivotTable dan Task Pane PivotTable Field List dalam Worksheet baru untuk menampilkan atau menyembunyikan Task Pane PivotTable filed List, seleksi area PivotTable kemudian klik Tombol Field List dalam PivotTable Tools Tab Options Group Show, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
8.     Daftar Choose fields to add to report: menampilkan nama field dari tabel yang anda gunakan. Kita dapat memasukan field ke dalam 4 area dalam pivotTable.
·         Report Filter untuk menyaring data pada PivotTable berdasarkan kriteria dalam field yang di masukan pada area nya.
·         Row Labels untuk menampilkan field dalam PivotTable secara vertikal.
·         Column Labels  untuk menampilkan field dalam PivotTable secara horisontal
·         Values untuk menampilkan nilai field dalam pivotTable yang dibuat ringkasannya.
 9.      Field dapat di masukan ke dalam area PivotTable dengan dua cara sebagai berikut:
·         Klik dan tahan tombol mouse pada salah satu field. Tarik mouse ke area PivotTable
·          Klik kanan salah satu field. Pilih area PivotTable yang di tampilkan pada menu kanan
10. Dalam contoh ini masukan field Tanggal ke area Report Filter, field  Kasir  ke area Column labels, Nama Barang ke area Row Labels dan Total ke area Values. Files dalam daftar Choose fields to add to report: yang di gunakan dalam area PivotTable secara otomatis akan di beri tanda centang.
11.  Kita juga dapat mengubah judul kolom pada PivotTable dengan cara mengetikan langsung judul kolom yang di inginkan. Misalnya,ketikan Kasir untuk mengubah Column Labels dan Nama Barang untuk mengubah Row Labels
12. Kita juga dapat menyaring data dalam area Report Filter, Column Labels atau Row Labels. Selain  menyaring data, kita juga dapat mengurutkan data dalam pivotTable untuk area Column Labels dan Row Labels. Untuk menyaring atau mengurutkan data, klik drop down judul kolom area PivotTable, dan pilih pengaturan penyaringan atau pengurutan data yang diinginkan dan klik tombol OK, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
C. MANFAAT PIVOT TABLE
1.     Melakukan Query sejumlah besar data dengan cara yang mudah.
2.     Proses Kalkulasi subtotal dan menjumlahkan data numerik, meringkas data dengan sebuah kategori dan subkategori, serta membuat perhitungan dengan formula dan rumusan yang anda buat sendiri.
3.    Memperluas dan mempersempit tingkatan tampilan data yang berguna untuk fokus terhadap apa yang ingin anda cari, dan menampilkan secara detil dari ringkasan data (yang menjadi titik fokus perhatian anda)
4.    Melihat data dari dimensi yang anda inginkan.
5.    untuk merangkum data dari suatu daftar berdasarkan analisis tertentu.

BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
B. SARAN
Makalah  Aplikasi Komputer dalam Pemanfaatan Pivot Table  ini masih jauh dari hal yang sempurna, segala saran dan masukan akan menjadi bahan pertimbangan dan perbaikan untuk membuat makalah saya selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar